May 26, 2010

Belajar Kesetiaan dari Hewan


Belajar bisa dilakukan di mana saja salah satunya adalah belajar dari alam – belajar dari ciptaanNya. Pelajaran penting tentang hidup yang dapat kita petik dari alam adalah pelajaran tentang kesetiaan; dalam kasus ini adalah cinta dan setia pada pasangan yang bahkan sangat sulit diterapkan oleh manusia sebagai ciptaan paling sempurna dan makhluk super kompleks.

Hmmmm, wajib belajar nih!

Sesungguhnya kebiasaan memiliki hanya satu pasangan adalah sesuatu yang jarang dalam dunia binatang. Di antara sekitar 4.000 spesies mamalia, kurang dari 3 persen saja yang hidup setia dengan satu pasangan. Mereka adalah beberapa jenis duiker, monyet colobus, dan sejenis tikus prairi.

Binatang jantan dan betina yang menganut monogami pada umumnya mempunyai ukuran fisik sama. Begitu pula tanggung jawab dalam membesarkan anak. Berbeda dengan spesies poligami, jantan biasanya lebih besar, agresif, dan sedikit terlibat menjalankan peran sebagai orang tua. Secara seksual, jantan akan lebih lambat dewasa jika dibandingkan dengan betina.

Berikut adalah tiga jenis hewan yang paling romantis dan paling setia pada pasangannya, wah, benar-benar bikin saya kaguuum ^^. Check it out!


1. MERPATI

“…bahagia meski mungkin tak sebebas merpati…”

Banyak syair-syair dan lirik lagu yang menyimbolkan merpati sebagai pasangan sejati, demikian pula pada lirik lagu Kahitna yang saya kutip tersebut. Memang harus diakui kalau merpati adalah hewan yang sangat romantis. Merpati sangat setia terhadap pasangannya ketika sudah mengikat janji. Seekor merpati akan merasa sangat nyaman apabila ditempatkan dalam sebuah kandang bersama pasangannya. Sebaliknya, apabila ditempatkan di kandang yang bukan bersama pasangannya, yang terjadi adalah pertengkaran.



Kebersamaan merpati jantan dan betina memang erat. Ketika keduanya dipisahkan, si jantan bisa terbang lebih cepat untuk menghampiri si betina di suatu tempat. Si jantan bisa melacaknya, meski dengan jarak yang sangat jauh. Biasanya, merpati jantan berusaha mengenali postur, warna bulu, dan gerakan khas si betina. Merpati jantan juga bisa menggunakan indra penciumannya untuk menemukan bau khas si betina. Merpati akan mengeluarkan suara bekur ketika sudah menemukan pasangan yang dicari.

2. BUAYA


Seekor buaya jantan sepanjang sejarah hidupnya hanya sekali melakukan perkawinan dengan lawan jenisnya. Seberapa banyak betina yang datang pasca perkawinan tersebut tak akan menggoyahkan tahta kesetiannya. Mungkin terinspirasi akan hal ini, sehingga pada adat betawi dikenal ada roti buaya sebagai simbol dari kesetiaan pasangan yang akan menikah. Menurut ajaran masyarakat Betawi, roti merupakan simbol kemampanan ekonomi. Sehingga roti buaya bermakana kesetiaan untuk mencapai kemakmuran bersama.


3. DUIKER

Duiker adalah sejenis antelop kecil yang sangat setia pada pasangannya hingga nyaris punah. Antelop ini tidak akan mencari pasangan baru ataupun berkembang biak sampai akhir hayatnya jika pasangannya telah mati.



Petugas suaka margasatwa di Ghana juga pernah melakukan penelitian sejenis sejak lebih dari 30 tahun. Dari situ, risiko kepunahan Duiker ditemukan karena jumlah populasi antara pejantan dan betina yang tidak seimbang. Mulanya, 78 spesies hilang dari wilayah tersebut karena sering diburu hingga habitatnya rusak. Akibatnya, jumlah betina menjadi sedikit dan kehidupan mereka terisolasi, lantas punah.Dari fakta tersebut, akhirnya tercetuslah langkah untuk mengurangi kepunahan duiker dengan upaya konservasi.


4. HEWAN-HEWAN LAINNYA

Trumpeter Swan
Jantan: Di antara seluruh angsa, ada yang unik dengan perilaku spesies angsa berbunyi atau Trumpeter Swan. Ketika pasangannya meninggal, angsa jantan akan terus mengeluarkan suara seperti menangis, tanda berkabung.

Betina: Bahkan, Trumpeter Swan betina bisa ikut mati kalau terlalu lama bersedih! Trumpeter Swan adalah yang paling berat di antara semua burung asli di Amerika Utara. Habitat mereka umumnya di air dangkal dengan vegetasi yang melimpah. Termasuk, danau dangkal, kolam, dan sungai-sungai besar.


Penguin
Jantan: Kesetiaan juga ditunjukkan kelompok penguin. Demi pasangannya, penguin jantan bahkan rela kehilangan setengah berat badannya untuk mengerami anaknya yang baru lahir.

Betina: Ketika sudah melahirkan anak, penguin betina akan beristirahat sekitar 4 bulan di laut. Namun walau selama itu, penguin betina tetap akan kembali untuk penguin jantan yang sudah menunggu bersama anak-anak mereka.


Anjing Hutan
Jantan: Anjing hutan terkenal hidup berkelompok. Kebanyakan pejantan akan mencari pasangan dari kelompoknya. Ketika menemukan pasangan yang cocok, pejantan akan segera membawa pasangannya keluar dari kelompok. Ini dilakukan agar tidak berebut makanan atau mangsa.

Betina: Anjing hutan betina akan setia ketika sudah berpasangan dengan pejantan. Ia akan setia menemani pejantan dalam mencari makanan. Itu terus dilakukan sampai mereka berdua membentuk populasi baru.


Berang-Berang
Jantan: Si jantan akan mencari pasangannya ke air. Bahkan berang-berang jantan akan segera mencari pasangan ketika berumur 3 tahun. Ketika sudah merasa klop dengan pasangan, berang-berang tidak akan mudah meninggalkannya. Mereka akan terus berduaan kemanapun pergi.

Betina: Mungkin sedikit berbeda dengan merpati, ketika pasangannya sudah mati, berang-berang bisa mencari pasangan baru, untuk meneruskan keturunannya. Berang-berang betina biasanya mencari pasangan baru, karena ingin memperbaiki keturunan.


Beruang Eurasia
Jantan: Kesetiaan juga tampak dari binatang buas ini. Beruang jantan bahkan menunjukkan kesetiannya hingga berkeluarga. Beruang Eurasia jantan ini akan setia membagi waktu untuk menggantikan beruang betina dalam menjaga anak. Bahkan beruang jantan akan mengajari berburu saat dewasa.

Betina: Beruntunglah para beruang betina, karena akan dimanjakan beruang jantan. Saat telah memiliki anak, beruang betina akan dibiarkan beristirahat. Sementara beruang jantan yang menjaga anak dan mencari makan.

Semua cinta adalah milik Allah SWT, dan Allah mengajarkan mencintai dan dicintai melalui ciptaanNya. Semoga kita senantiasa menjadi hamba-hambaNya yang senantiasa berpikir… Amiiin ^^

*Dikutip dari berbagai sumber dengan sedikit gubahan :)

2 comments:

Mufti said...

smoga saya juga akan berusaha setia dengan pasangan saya, amiin

creamy_cha said...

@mas mufti: Amiiin, pasangan itu amanat dari Allah mas :) harus dijaga :)