May 28, 2010

I'm Proud to be a Treasurier!

Sungguh, tak terasa, hanya tinggal seminggu lagi insya Allah saya akan menjalani perkuliahan aktif di prodip tiga Kebendaharaan Negara STAN sebelum melangkah pada PKL dan kelulusan. Melihat ramainya pendaftar USM STAN setiap harinya, mengingatkanku pada perjalanan hampir tiga tahun yang lalu. Saat yang sama, saat ramai-ramai mengantre, mengisi form pendaftaran, dan memilih diploma tiga spesialisasi Kebendaharaan Negara sebagai prioritas pertama. Pada saat itu pertimbangannya hanya satu: namanya keren, hehe.

Butuh waktu untuk belajar adaptasi, untuk menyukai bergaul dengan dunia ekonomi, dan bertoleransi dengan gedung F yang kondisinya kurang layak sebagai rumah bagi spesialisasi ini. Tapi ada satu hal yang membuat kita sangat kokoh, kita adalah keluarga, yang berjuang bersama, sedih-senang bersama, menjadi teman, sahabat, dan saudara.

Kebendaharaan Negara angkatan 2007 - kini pasukan yang tersisa hanya 54 orang. Dan, di saat-saat terakhir menikmati lezatnya duduk di bangku perkuliahan, saya menyadari banyak hal. Bahwa kita adalah 54 orang yang istimewa, yang terpilih, dan spesialisasi kita adalah satu-satunya di tanah air, bahkan di dunia!

Kebendaharaan Negara -atau sering disebut anggaran- adalah jantung bagi perekonomian dan kestabilan Negara RI. Kini, saya sangat memahami bahwa spesialisasi ini sangatlah signifikan. Spesialisasi ini dikenal dengan gudangnya undang-undang dan peraturan, dan para mahasiswanya -sahabat-sahabat saya- yang sangat kritis dan cerdas berargumen. Kita mempelajari berbagai ruang lingkup keuangan Negara, bukan hanya dari sisi APBN, hukum keuangan negara, atau tidak pula hanya mencakup pengelolaan pendapatan dan belanja, tetapi meliputi pengelolaan pinjaman dan hibah luar negeri, Keuangan Daerah, pengadaan barang dan jasa pemerintah, ekonomi makro, perencanaan dan pengendalian anggaran, aplikasi komputer anggaran, dan sebagainya yang dibimbing oleh dosen-dosen yang sangat berdedikasi dan menginspirasi. Hal ini menyebabkan lulusan diploma tiga Kebendaharaan Negara dibutuhkan oleh banyak pihak.

Lulusan diploma tiga KN bisa ditempatkan di berbagai instansi, mulai dari BPK, BPKP, DJPBN yang KPPNnya tersebar di berbagai daerah, DJA, BKF, BAPEPAM, BPPK, Sekretariat Jenderal, DJPK, DJPU, bahkan ada kesempatan untuk ditempatkan di DJKN, DJBC, atau Pemda jika keadaan memungkinkan.

Saya dan 53 orang serdadu MERAH lainnya telah bersama selama hampir tiga tahun. Mereka adalah manusia-manusia yang unik, lulusan-lulusan SMA terbaik, dengan berbagai karakter dan potensi yang berbeda-beda. Tapi kita semua punya visi yang sama, dan kita dipersatukan oleh cinta, impian, dan persahabatan.



Jika pernah ada konflik yang terjadi, jangan salahkan waktu, jangan salahkan ego diri, karena dalam hidup tidak selamanya sepaham dan berjalan di sisi yang sama. Tapi ketahuilah, hal-hal yang pernah terjadi akan membimbing kita untuk semakin memahami sahabat kita sendiri, membuka hati dan pikiran, sehingga kita bisa kembali menata silaturahmi kita, menghapus bayang-bayang masa lalu, karena kita memang terlalu indah untuk dilupakan dan terlalu berarti untuk ditanggalkan.

Kebendaharaan Negara - Treasury, yah kita semua memang treasury, harta karun yang sangat berharga. Insya Allah bisa berharga untuk diri sendiri, orang lain, keluarga, dan bangsa kita nantinya. Karena kita telah dibiayai oleh rakyat, oleh APBN sebagai darah keuangan negara, dan diamanahi oleh Allah, maka mari kita jaga dengan baik kesempatan ini, integritas ini, dan almamater ini dengan sebaik-baiknya dan sebijak-bijaknya. Saat mulai lelah, ingatlah, berapa banyak orang yang menginginkan berada di posisi kita saat ini.

Untuk Kebendaharaan Negara, aku bangga menjadi bagian dari spesialisasi ini, menjadi bagian dari perubahan bangsa ini, dan menjadi bagian dari reformasi keuangan Negara yang sedang diperjuangkan dan menunggu kita untuk memperjuangkannya. Untuk Kebendaharaan Negara, aku bangga telah menjadi bagian dari keluarga besar ini, menjadi sahabat, menjadi orang-orang terkasih yang membuat hidup menjadi berwarna, tiga tahun berjalan sangat cepat tanpa kendala, dan membawa perubahan diri menjadi lebih bermakna.

Aku menyayangi kalian semua...
Mari raih mimpi kita...
Karena kita adalah istimewa...
Dan memang benar adanya bahwa hidup dimulai dari sebuah nama...
Kebendaharaan Negara, kamu, kita, semua :)

No comments: