June 14, 2010

Tidur Teratur, yuk!

Sebenarnya posting ini memang ditujukan untuk diri saya sendiri, para pengidap insomnia dan pecinta lembur di malam hari lainnya. Saya benar-benar sulit dalam meneraturkan jadwal tidur, karena saya ingin melakukan banyak hal di malam hari. Dan malam hari selalu penuh inspirasi - menulis blog dan mengerjakan tugas, misalnya.

"Nighttime is really the best time to work. All the ideas are there to be yours because everyone else is asleep." Catherine O'Hara

Yah, tapi setidaknya saya tetap akan berusaha! Fight!

Jika beberapa waktu lalu saya tergila-gila dengan pola diet berkedok detoks, kini saya tahu bahwa detoksifikasi dilakukan oleh tubuh kita secara mandiri pada saat tidur malam. Jika kita tidak tidur pada tepat waktu maka kita akan mengacaukan waktu untuk tubuh kita dalam membuang racun tersebut. Pada saat kita tidur, waktu tengah malam sumsum tulang belakang tubuh kita akan memproduksi sel darah merah.

Proses detoksifikasi dalam tubuh kita terjadi pada jam-jam berikut, cekidot!

1. jam 21.00 - 23.00 malam hari adalah waktu pembuangan zat-zat yang tidak berguna/beracun (detoxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Dalam waktu ini kita harus dalam posisi yang sangat rileks atau santai.

2. jam 23.00 - 01.00 dinihari terjadi proses detoxin di bagian hati yang berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

3. jam 01.00 - 03.00 dinihari proses detoxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

4. jam 03.00 - 05.00 dini hari terjadi detoxin di bagian paru-paru, sebab itu akan terjadi batuk selama durasi waktu ini. karena proses pembersihan (detoxin) telah mencapai saluran pernafasan, disarankan untuk tidak meminum obat agar proses ini tidak terganggu.

5. pagi pukul 05.00 - 07.00 terjadi detoxin di bagian usus besar, harus buang air, jangan ditahan-tahan

6. pukul 07.00 - 09.00 pagi : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus halus, sebaiknya kita sarapan pada waktu ini. Untuk yang sedang sakit sebaiknya makan pada waktu yang lebih pagi yaitu kurang dari pukul 07.00.

Firman Allah,”Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha.” (QS Al Furdan 47 )

Tidur teratur, jiwa sehat, tubuh bugar, penuh semangat! ^^

No comments: