August 3, 2010

STAN, Me, and Memory

Masih terekam jelas dalam ingatan saya, 30 Agustus 2007 sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu, saya sedang belajar kalkulus dan analisa geometri di gedung Teknik Industri USU Medan. Tiba-tiba guru Biologi SMP saya –Pak Terry – menelpon dan memberi kabar, “Farisa, kamu lulus STAN, Kebendaharaan Negara…”. Lalu, ada beberapa teman lain yang memberi kabar serupa, tapi saya tetap tidak merasakan passion ataupun sensasi apa-apa bahkan setelah saya membaca nama saya sendiri di selebaran pengumuman yang sudah tersebar ke seantero kampus.

Berpaling ke IPS? Berat sekali rasanya. Saya pikir awalnya demikian.

Bahkan saya masih sempat ikut kuliah rutin untuk mengisi waktu menjelang keberangkatan dan ikut ospek jurusan walau sebenarnya tak perlu. Tapi saya hanya ingin menggenapkan perkuliahan di Teknik Industri USU ini tepat menjadi 2 (dua) minggu, dan menorehkan sebanyak mungkin kenangan.

Namun kini, saya jatuh cinta sejatuh-jatuhnya pada kampus ini, pada almamater ini, dan pada masa depan saya nantinya. Saya harus bersyukur pada Allah atas anugerahNya yang mengizinkan saya kuliah di Jakarta dengan biaya pendidikan gratis, harus berterima kasih pada mama yang sudah memaksa saya untuk ikut USM dan pindah ke STAN, dan buat abah yang sudah memberikan kepercayaannya.

Hari ini, 3 Agustus 2010, 3.770 generasi penjaga gerbang keuangan negara telah menjadi calon keluarga baru STAN. Jumlah kelulusan yang cukup signifikan dibandingkan angkatan saya yang hanya 2.014 dari total pendaftar 125.742 orang hingga memecahkan rekor MURI ^___^

STAN sudah banyak berubah. Tata ruangnya sudah lebih rapi, ada gedung-gedung baru berdiri dengan desain yang minimalis dan futuristik, dan bundaran J-I kebanggaan.


~STAN dulu dan sekarang~

Tapi semoga perubahan ini tidak berdampak pada idealisme dan kesederhanaan yang harus dijunjung tinggi mahasiswanya. Perubahan positif terhadap moral, mental, kepedulian, dan tanggung jawab terhadap bangsa ini harus terus bertahan, tumbuh, tak boleh tergerus lingkungan dan zaman.

Tiga tahun memang telah berlalu. Angkatan saya sudah ada penggantinya. Hanya butuh beberapa langkah lagi untuk meninggalkan kampus ini dengan kelulusan dan kemenangan. Insya Allah… :)

*Pengumuman kelulusan USM STAN 2010 dapat didownload di sini dan lampirannya di sini*.