November 13, 2010

Curhat Anak Magang

Setiap orang punya kemampuan yang berbeda-beda untuk bisa ‘nrimo’, yah begitu kalimat sederhananya. Oleh karena itu, aku belajar untuk tidak berekspektasi yang terlalu ketinggian, agar bisa ‘nrimo’.

Dan, dari prolog yang agak tidak nyambung itulah kisahku dimulai.

Magang di DJPK dimulai sejak 1 November 2010, alhamdulillah, tidak perlu lama-lama jadi pengangguran. Selama 2 bulan pertama saya dan delapan orang magangers lainnya akan berada di Direktorat Pajak Daerah dan Retribusi Daerah – tepatnya Subdirektorat I PDRD yang menangani wilayah Sumatera.

Di minggu pertama magang adalah fase adaptasi, dimana saya harus berdamai dengan passion dan jiwa bahwa ya sudahlah – tempatmu memang di sini. Dan minggu kedua magang adalah fase menikmati – menikmati pekerjaan-pekerjaan sederhana mulai dari fotokopi, scanning, faxing, terima telpon, nganter surat, ngetik, ngeprint, disposisi, sampai ke pekerjaan-pekerjaan yang agak nyerempet ke tupoksi seperti baca UU No.28 Tahun 2009, bikin database Perda, bantuin dorong-dorong kursi kalau ada puluhan tamu yang datang, belajar bikin matriks dan evaluasi, sampai jadi asisten kasi. Pokoknya pekerjaan apapun mangga atuh – yang penting diberdayakan :D hahaha

Menikmati. Lari-lari mengejar busway di pagi hari sampai menyapa bulan dan macetnya malam. Menikmati. Bersenda gurau dengan teman-teman seperjuangan, makan siang bareng, curhat, saling memotivasi, saling merasakan merah, merah jambu, dan biru bersama. Menikmati. Pegawai-pegawai, kasi-kasi, dan kasubdit yang baik-baik dan memposisikanku seperti keluarga.

Seperti kata seorang teman, “Menikmati hal-hal sederhana adalah tangga menuju menikmati hal-hal besar dan Allah selalu memberi yang kita butuhkan. Tunggu saja kejutan dari Nya”

Yah, setiap orang memang punya kemampuan yang berbeda-beda untuk bisa ‘nrimo’, yah begitu kalimat sederhananya. Oleh karena itu, aku belajar untuk tidak membandingkan hidupku dengan orang lain, agar bisa ‘nrimo’. Bisa bersyukur. Dan bisa terus bilang, “aku cinta DJPK – cintaaaa sekali” :D

5 comments:

aku anak muslim medan said...

hahahaha
"nrim" bahasa apa tu cha...
hehe

Naya said...

sepertinya magangnya icha eventful... it seems ur coping n enjoying it well.. great job dear",

creamy_cha said...

@fathi: "nrimo", hehe :D

@naa: iyaaa, lama2 icha betah di sini ^___^

Anonymous said...

hahaha... baca ini jadi termotivasi lagi, menikmati masa bermain origami + nyangkul steples :))

padahal beberapa saat sebelumnya seorang pegawe berkata: hmm, sekolah tinggi2 kok cuma ngerjain kayak gitu??

lupakan lupakan,
“Menikmati hal-hal sederhana adalah tangga menuju menikmati hal-hal besar dan Allah selalu memberi yang kita butuhkan. Tunggu saja kejutan dari Nya”

asek :)

creamy_cha said...

nyangkul steples itu gmana? hehe

karena segala sesuatu yang besar dimulai dari yang 'cuma' :)