November 24, 2010

Sepercik Kisah dari Jalanan #1

Kemarin, saat saya pulang kantor, seperti biasa lanjut naik Metro Mini 53 dari Kampung Melayu. Alhamdulillah, kali ini ada tempat duduk yang tersisa karena biasanya Metro Mini ini selalu langsung diserbu saat muncul. Nah, tidak beberapa lama, seorang bocah pengamen masuk dan duduk di kursi yang kosong lainnya - tepat di seberang kursiku. Bocah itu kelihatan belum tamat SD, tampak kumal sekali, tapi wajahnya menyeramkan (-___-“). Dari balik kursiku, dua orang gadis berbisik-bisik, “Nah ini nih pengamen yang waktu itu. Lebih baik kita beri saja kalau dia minta, entar dapat masalah”.

Aku mengamati bocah itu. Dia menyanyikan lagu-lagu ST 12 yang nggak tuntas dan nadanya ngawur, lalu memulai aksinya. Dia meminta dengan paksa ke setiap penumpang – walaupun demikian ada yang mau memberi , ada pula yang tidak. Tadinya aku takut juga, tapi karena tiba-tiba ada pukulan keras di bahuku (sakit banget ternyataaa), dan yang melakukan adalah bocah itu – oh noooo! Syukurlah dia nggak macam-macam lagi, karena dua orang ibu-ibu yang duduk di barisan paling belakang malah jadi korban kata-kata tidak sopan dari bocah yang seharusnya belum bermoral jalanan seperti itu. Masih kecil saja sudah membuat orang-orang mati kutu, apalagi saat dewasa nanti :(

Satu potret generasi yang menyedihkan. Dia hanya satu dari sekumpulan yang lainnya. Kadang aku merasa itu bukan hidup yang dia pilih, lingkungan yang membentuknya. Kemana orang-orang yang seharusnya mendidiknya? Akankah dia seperti ini terus sampai dewasa nanti?

Metro Mini melaju. Satu hal yang langsung aku lakukan saat itu: bersyukur dengan hidupku.

2 comments:

plukz said...

wah, udah ngantor ini? *OOT*

mukanya pengamen serem soalnya itu survival kit saat di jalanan neng :))

saya sendiri kalo lagi naik bus dan ada yang ngamen, ndak pernah dimintai duit :)) soalnya lebih serem dari mereka. :))

salam kenal, lagi blogwalking :D

creamy_cha said...

haha, iyaa

tapi kmarin itu mmg pengamennya nyeremin :)

i've visited your blog too, so fresh :)

slm kenal jugaa, rajin2 mampir yaa