October 17, 2011

#5 Self Note: Muda dan Bahagia

Menurutku, menjadi tetap muda salah satunya adalah dengan belajar. Belajar membuat system memori semakin kuat dengan stimulus yang bersahut-sahutan saat mengingat dan mencicip pengetahuan – juga melunakkan hati karena menjadikan semakin mawas diri dan memahami. Dan hidup adalah sekolah abadi – belajar setiap hari tentang bagaimana bertahan dan menjadi manusia sejati bukan hanya tentang hidup hari ini.

Menurutku, menjadi tetap muda salah satunya adalah dengan bercita-cita – layaknya bocah. Hidup memang tidak selalu menyediakan hidangan yang kita minta, layaknya cita-cita di masa kecil yang dengan lantang kita utarakan seakan hal itu langit-langit ruangan yang mudah dicapai hanya dengan menarik tangga lalu naik pelan-pelan. Tidak. Semakin dewasa, manusia semakin jarang bercita-cita – entah karena sudah puas dengan pencapaian atau sudah lelah dengan kekecewaan. Ingatlah bahwa keinginanmu untuk hari esok juga sebuah cita-cita. Karena cita-cita orang dewasa adalah memperindah apa yang ada – apa yang sudah dipunya – lalu jadi lebih baik lagi dan lagi. Bercita-citalah: ingin kuliah dimana selanjutnya, bisnis apa yang ingin dikelola, bagaimana membahagiakan yang kau cinta, apa saja, bercita-citalah dan jadilah muda.

Menurutku, menjadi tetap muda salah satunya adalah dengan bersikap spontan – lakukan apa yang diinginkan sesekali dan lawan rutinitas. Jalan-jalan di akhir pekan, tertawa, merajut syal, menggambar dengan krayon, mencipta boneka dari kain flannel, atau tiba-tiba kabur ke Trans Studio Bandung tanpa rencana lalu menyantap permainan yang meregang adrenalin dan berteriaklah – makan yang enak-enak tanpa takut jarum timbangan bergerak ke kanan, berteman, bergerak, dan bersyukurlah –

Lalu berbahagialah.

*Because life is too short to deal with the same things everyday*

No comments: