December 30, 2011

#10 Self Note: Kemampuan Motorik

“Kekuatan motorik orang dewasa mencapai puncak kekuatannya antara usia20-an dan 30-an tahun. Kecepatan respon maksimal terdapat antara usia 20 dan 25 tahun kemudian kemampuan ini sedikit demi sedikit akan menurun”

Tiba-tiba tertarik sama statement di atas. Mungkin sebenarnya yang bikin tertarik adalah ada angka 20-an nya ahaha.

Pastinya semakin dewasa, perkembangan motorik kita tidak akan sama seperti pada masa kanak-kanak yang jauh lebih aktif bergerak, belajar, menulis, atau bermain.

Apalagi yang notabene kerjanya di kantor, lebih banyak duduk, depan monitor – kecuali kemampuan untuk menggerakkan scroll mouse (efek positif browsing dan blogwalking ahaha) dan mengetik cepat dengan 10 jari :p – kemampuan motorik lainnya mulai terdepresiasi pelan-pelan. Contohnya saya nih, sebut saja kemampuan menulis. Karena memang sudah jarang menulis, tulisan tangan saya sudah tidak serapi dulu lagi huksss, dan rasanya susaaah gitu. Atau kemampuan main game. Yayaya, entah kapan yaa saya terakhir kali main game yang beneran butuh banyak koordinasi tangan dan otak, SMA kali yaa waktu masih sempet-sempetnya bisa main Play Station. Aihhh, sekarang nyobain main Mario Bros di laptop aja jatuh di lubang melulu huhuhu. Atau kemampuan melukis. Kayaknya gambar saya ga sebagus dulu deh – bikin pola aja susah simetrisnyaaa zzz.

Nah nah karena itu, kembali melatih hal-hal sederhana di sela-sela aktivitas menurut saya sangat penting. Itulah kenapa ada hari libur, agar kita bisa kembali menjadi manusia normal – dan melakukan hal-hal di luar rutinitas. Terlebih, sebelum kita jadi canggung melakukannya dan jadi lupa haduuuh sedihnya. Yang hobi olahraga sempatkan olahraga, yang hobi main musik, melukis, berenang, menari, coba lakukan lagi – iseng-iseng melatih kemampuan motorik dan menyehatkan otak juga lho!



*bisa latihan doodling-doodling begini :D*

Serius lho, saya mulai sering kangen menulis dengan tangan – setidaknya dimulai dengan punya agenda yang rapi, atau iseng-iseng doodling, bikin gambar-gambar lucu di waktu luang, atau latihan merajut, melipat kertas origami, menghias kue-kue kering, lari-lari di alam – aaah menyenangkan sekali bukan? :)

No comments: