March 12, 2012

Kue Ape

“Bahagia adalah menikmati bagian tengah Kue Ape setelah menghabiskan bagian pinggirnya”.

Kapan ya saya pertama kali tergila-gila dengan kue zaman dulu ini? Mungkin waktu pertama kali saya mencicipinya – beberapa bulan pertama saat saya masuk kerja dan diajak makan di sebuah warung Mie Ayam Pasar Baru. Awalnya saya tidak tahu nama teman baiknya si kue Cubit itu – saya hanya tahu bentuknya; mirip Ufo dan bagian tengahnya empuk sekali.

Dan kedua kalinya saat sedang perjalanan ke Bandung. Teman seruangan saya selalu bergantian membeli. Tak bisa dipungkiri; semua orang – anak-anak dan dewasa – menyukai jajanan bukan?

Kini saya hapal benar beberapa tempat yang menyediakan kue itu dengan rasa yang lumayan. Di depan Kedai Eskrim Italia Ragusa, di sekitar Gereja Cathedral setiap akhir pekan, di bawah jembatan halte Bendungan Hilir, atau di pasar-pasar kaget jika beruntung menemukan.


Juga – kue itu menyimpan banyak kenangan. Dan pula kebahagiaan kecil di sela-sela keangkuhan zaman.

No comments: