June 10, 2012

UK Expo

Saya mengisi weekend kali ini dengan mengunjugi UK Expo yang diadakan oleh IBEC tanggal 10 Juni 2012 di Intercontinental Hotel, kawasan Sudirman, Jakarta. Saya tahu agenda ini setelah searching random di google beberapa hari yang lalu dan kekecewaan karena tidak bisa datang di event yang sama seminggu sebelumnya. Jadi intinya saya cuma penasaran dan pingin lihat pernak-pernik UK di ruangannya :p

Dengan berbekal informasi dari @infobusway, saya naik Transjakarta transit di Harmoni dan lanjut ke rute Blok M. Daaan Harmoni shelter memang cukup menyiksa haha apalagi saat itu sedang ada Jakarnaval menyambut HUT Jakarta dan jurusan Harmoni-Pulogadung tidak beroperasi. Alhasil terjadilah perubahan rute. Penumpang Blok M dan Pulogadung numpuk di antrean yang sama - ditambah jalur penumpang-penumpang lain yang masuk dan keluar dari stasiun Kota. Antrean panjang Masya Allah paraaah. Dorong-dorongan sana-sini, ada yang nyerobot antrean, ada anak-anak kecil menangis kepanasan. Man-with-manner memang sudah langka ternyata ya.

Dan mungkin sampai setengah jam saya baru bisa menghirup napas masuk bus huksss.

Turun di halte Setiabudi, saya jalan terus menuju Le Meridian Hotel - ternyata salah arah. Syukurlah ada bapak ojek yang baik mengantarkan saya sampai ke depan pintu pejalan kaki Intercontinental Hotel. Ternyata dekat banget sama halte Setiabudi, beberapa meter dari Grand Sahid Hotel. Ngapain juga saya jalan sejauh itu hahaha. Ah, akhir-akhir ini sering diselamatkan sama tukang ojek :D

Hotelnya cukup mewah, bintang 5 sih ya, banyak orang asing lalu lalang. Setelah sampai di lobi, saya turun ke Jasmine Room. Alhamdulillah, finally here. Banyak aksesoris-aksesoris UK digantung di atas ruangan. Mendaftar di meja registrasi dan di dalam ruangan ada banyak stand-stand universitas di Inggris. Selain menyediakan informasi kampus, mereka juga menawarkan berbagai tips dan trik terkait visa keberangkatan, home stay, beasiswa, dan sebagainya. Sebenarnya saya ingin mengunjungi meja konsultasi satu persatu, tapi keburu down :p lah yang nanya dan hadir hampir semuanya memang niat mau lanjut kuliah di Inggris dalam waktu dekat, kalau saya cuma pingin cari pengalaman :)

Akhirnya saya gabung di forum sebelah yang sedang membahas kiat-kiat menjawab tes IELTS dari British Council. Kalau TOEFL berorientasi pada kemampuan berbahasa Inggris pasif, maka IELTS lebih pada yang aktif - karena ada tes Speaking langsung oleh native dan Writing tentang topik-topik tertentu. Beberapa soal Reading dan Listening juga ada yang soal isian atau bukan multiple choice - jadi kalau Grammarnya salah walaupun konteks jawabannya benar, tetap saja salah. Dan mentalnya Asian yang sering drop kalau diajak ngomong sama native. Haha saya pun masih kayak gitu :|

Alhamdulillah, bisa nambah pengalaman dan banyak pengetahuan. Juga melihat mereka-mereka yang punya semangat dan kesempatan - ah ikut senang :)

Dan ada sesuatu yang selalu saya tangkap dari orang-orang asing - kepercayaan diri. Lihatlah cara mereka berbicara, berjalan, berjabat, seperti selalu ada energi. Tidak menunduk, tidak lunglai, tegas, gesturenya bersemangat. Salah satunya mungkin karena kebiasaan dan budaya mereka yang memberi kebebasan untuk berpendapat dan berbicara sejak kecil, dan itu yang penting. Contoh kecilnya, lihat saja finalis Junior Masterchef itu bukan? Cara bicara mereka cerdas dan pede banget! :)

4 comments:

Ruri said...

Salam kenal mbak.. saya nyasar ke sini karena lagi cari info rute transjakarta ke intercontinental hotel. Hehe.. makasih infonya ya..

@chabadres said...

alhamdulillah kalau bermanfaat :)

rifka indi said...

Terima kasih info buat halte bis yg dekat dengan hotel intercontinental. Sangat membantu :)

@chabadres said...

Alhamdulillah. Good luck :)