August 20, 2014

Mari Lakukan Sesuatu yang Menyenangkan

Judul di atas buat saya.

Apa itu menyenangkan? Kondisi apa yang disebut menyenangkan? Berdasarkan KBBI, menyenangkan adalah "membangkitkan rasa senang hati; memuaskan; menarik (hati)". Menyenangkan adalah rasa, oleh karena itu pada dasarnya bersifat relatif. Setiap orang punya kepentingan tertentu dan porsi selera berbeda yang bisa menciptakan perasaan damai dan membangkitkan hormon endorfin di kepalanya.

Definisi 'menyenangkan' yang saya rindukan adalah yang bisa memenuhi kebutuhan emosional saya. Secara ilmiah, ada tiga kebutuhan emosional dasar manusia: love, acceptance, and security. Teman saya pernah bilang bahwa saya punya kebutuhan emosional yang sangat besar, yang fluktuasinya bisa mengguncang mood dan fokus dalam sekejap. Too bad. Let me call it the perks of being an introvert. 

Saya rindu punya sahabat dekat, rindu mengajar (akhirnya saya bisa mengategorikan salah satu mata kuliah di kampus sebagai yang 'menyenangkan' dan ingin saya ajarkan), saya rindu membaca buku baru tanpa menunda, saya rindu menjadi berani, aktualisasi diri dan pencapaian, menjadi bermanfaat, saya rindu waktu yang berkualitas dengan orang-orang tersayang, obrolan ringan di sela-sela kesibukan, atau... singkatnya saya rindu diri saya yang bersemangat, dan tak sibuk merancang kronologi kejadian tentang kekhawatiran pada kata orang dan pada masa depan.

Jadi, sudah punya sesuatu yang 'menyenangkan' dilakukan untuk hari ini?

Mulai dengan bersyukur! :)

No comments: