October 23, 2016

MPASI Kesukaan Biya

Horeee, Biya sudah sebulan masuk ke periode MPASI. Selama sebulan ini, saya mengamati kalau Biya nggak susah makan. Apa aja yang dikasih mau dilahap. Semoga seterusnya ya nak, supaya Biya sehat dan kuat, serta makanan yang masuk ke tubuh Biya menjadi berkah.

Untuk urusan MPASI, saya inginnya Biya mau makan apa aja yang terhidang dan ada di rumah. Supaya Biya nggak menjadi picky eater, dan ibunya nggak repot buat memastikan semuanya selalu serba ada :)

Selama sebulan ini, Biya udah nyobain daging sapi, daging ayam, dan ikan salmon (yang ibunya sendiri belum pernah nyicip hihi). Kalau mengenalkan protein hewani seperti ini, kadang khawatir terjadi reaksi alergi. Alhamdulillah, tidak terjadi reaksi yang berarti, dan Biya tidak sembelit. Mama happy :)))

Biya paling suka makan di teras, duduk di kursi makan sambil main, melihat temen sebayanya makan, atau heboh menonton kakak-kakak berkejaran dan bersepeda. Biya paling suka buah pepaya. Suka bangeeet. Selalu pingin nambah!

Kali ini, saya ingin berbagi resep bubur saring andalan kesukaan Biya yang mudah dan lezat. Indikator lezat buat Biya adalah lezat juga buat saya hehe. Peralatan andalan saya hanya saringan dan parutan, serta kesabaran :D *maklum ga pake blender.

1. Kentang Bayam Daging Sapi

Cara membuat:
Daging cincang dan bawang putih ditumis dengan unsalted butter. Masukkan air dan kentang ke dalam tumisan, setelah empuk tambahkan beberapa helai bayam. Nyam! Siap disaring.

2. Bubur Saring Beras Merah Salmon 

Cara membuat:
Beras merah dimasak dengan air hingga lunak dan menjadi bubur, tambahkan salmon yang telah dikukus, bawang putih, daun salam, seledri, dan buncis. Siap disaring! 

3. Bubur Tahu Kacang Merah Brokoli

Cara membuat:
Nasi putih dan kacang merah dimasak dengan air dan kaldu ayam hingga menjadi bubur, tambahkan bawang putih, daun salam, tahu yang telah dikukus, dan brokoli hingga lunak. Saring!

4. Bubur Oatmeal Ayam Wortel

Cara membuat:
Oatmeal dimasak dengan air dan kaldu hingga lunak dan mengental, tambahkan bawang putih, ayam kukus disuwir-suwir, dan wortel parut. Saring deh!

Selamat mencoba! :)

No comments: