November 6, 2016

IELTS Test

Akhirnyaaa bisa dapat kesempatan untuk ikut diklat persiapan IELTS selama 3 hari, tepatnya tanggal 26-28 Oktober 2016 di IDP Kuningan. Seneeeng karena bisa rileks sejenak dari aktivitas kantor, kumpul dengan teman-teman, sambil belajar bareng. Kalau lagi jauh dari kantor gini pasti yang dipikirin gimana caranya pumping hehehe. Ini jadi pengalaman pertama saya untuk pumping di toilet, bersyukur banget punya kantor yang busui friendly dengan ruang laktasi yang sangat nyaman.

Diklat dilaksanakan mulai pukul 9 pagi sampai 5 sore, alhasil saya sampai rumah pun lebih larut dari biasanya - karena harus berganti-ganti busway dan kereta. Selama diklat, kami diberikan pengenalan dan tips agar bisa sukses mendapatkan band yang optimal saat tes. Tutor yang mengajar juga lucu dan menyenangkan. Sudah lama nggak belajar lagi, ini pengalaman pertama juga belajar di rumah sambil nyusuin anak. Remuk deh modul dan buku karena ditarik-tarik sama Biya. Doain mama ya nak... :)

Foto bareng sama tutor hehe

Tes IELTS dilaksanakan hari Sabtu tanggal 5 November 2016 berbarengan dengan peserta-peserta yang lain. Tes Listening, Reading, dan Writing dilaksanakan di Raffles International School dan tes Speaking dilaksanakan di kantor IDP cabang Pondok Indah. Kami sudah harus sampai di lokasi ujian paling lambat pukul 7.30, sambil menunggu proses registrasi, saya pumping dulu. Setelah itu, kami diminta untuk berbaris sesuai dengan ruangan ujian yang telah ditentukan. Setelah proses foto dan rekam sidik jari, kami diminta untuk ke ruangan dan diberikan arahan lebih lanjut. Ujian dilaksanakan pukul 9 sampai 12 siang. Selama ujian, nggak boleh pakai jam tangan dan nggak boleh ke toilet, sampai gemeteeer..... baru boleh ke toilet saat tes Writing sudah dimulai, hiks.

Tes Speaking dimulai pukul 1 siang. Alhamdulillah, dapat giliran pertama tes jadinya bisa langsung pulang dan nggak perlu nunggu. Kami diantar ke kantor IDP dengan feeder bus yang telah disediakan. Penguji saya bernama Mrs. Jane, seorang bule Australia. Selama tes, percakapan kami direkam. Mungkin saya cukup beruntung, dapat pertanyaan yang relatif mudah dan tidak terlalu asing, karena topiknya tentang.... WEDDING hehehe.

Semoga hasilnya memuaskan yaa. Lumayan, sertifikat berlaku 2 tahun dan bisa digunakan kalau sewaktu-waktu mau apply beasiswa! :)

2 comments:

deadyrizky said...

kok bisa djpk ngadain acara ginian ya?

@chabadres said...

Iya, tiap tahun diadakan rutin sama bagian SDM :)