October 15, 2017

Roseola Infantum

Roseola atau dalam istilah medis lainnya disebut roseola infantum, merupakan infeksi virus yang menyerang bayi atau anak-anak dengan gejala utama berupa demam dan ruam merah muda di kulit. Usia enam bulan hingga satu setengah tahun merupakan usia yang paling rentan terkena kondisi ini.

Sabtu, 30 September 2017

Perasaan aneh mulai muncul saat Biya tiba-tiba demam setelah bangun dari tidur siang padahal pagi harinya dia masih baik-baik saja.

"Oh mungkin kecapean atau mau tumbuh gigi lagi ya", gumam saya.

Biya memang agak rewel dan dia terus menyusu, tidak enak makan sambil saya peluk berharap panasnya segera turun.


Minggu, 1 Oktober 2017

Panas Biya mulai turun walau tubuhnya masih hangat, saya beri minum Paracetamol dan sorenya dia mulai ceria lagi. Tubuhnya sudah dingin, tapi di saat yang sama muncul ruam merah di bagian punggung, tengkuk, dan dada.

"Oh mungkin karena terlalu panas, jadi biang keringat dan kulitnya memerah", pikir saya.

Padahal dalam hati saya panik, jangan-jangan ini DBD nih. Tapi kalau kulitnya direnggangkan, merahnya hilang, dan panasnya nggak turun naik. Oke, kita lihat besok.


Senin, 2 Oktober 2017

Kondisi Biya di pagi hari sudah sehat, saya tetap masuk kerja dan membawa Biya ke daycare. Di daycare, Biya beraktivitas dan mau makan seperti biasa. Alhamdulillah, kekhawatiran saya tidak benar.


Selasa, 3 Oktober 2017

Biya sudah tidak demam, hanya saja ruam dan bintik-bintiknya tambah banyak. Saat itu sudah menjalar sampai ke pipi, lengan, dan telapak kaki. Pulang dari daycare, kami langsung cek ke dokter anak.

"Ini virus banget, namanya roseola infantum... kalau ruamnya sudah keluar artinya sudah sembuh, tapi tetap bisa menular. Kalau ada orang dewasa yang kondisinya sedang tidak fit bisa tertular juga. Tidak ada pantangan makanan, tetap mandi seperti biasa. Hanya tunggu ruamnya hilang saja. Sementara Biya diisolasi dulu ya, Bunda"

"Darimana ya Bu kira-kira bisa tertularnya?" - seingat saya tidak ada teman daycare Biya yang kena penyakit ini.

"Bisa dari mana saja, dari mall, dari udara di jalan, atau dari virus yang menempel di pakaian atau tubuh... virus ini masuk dari saluran pernapasan"

Oke, artinya saya harus cuti untuk menjaga Biya.

Saya cuti selama dua hari. Selama cuti, Biya sangaaat berseri-seri bisa sama Mama terus hehe. Saya memandikan Biya dengan sabun anti kuman dan membedakinya supaya ruamnya cepat hilang.

Alhamdulillah, mungkin kira-kira butuh seminggu sejak ruamnya muncul untuk benar-benar hilang dan mulus kembali. Tapi puji syukur karena virus ini tidak berbahaya, dan jika sudah pernah kena sekali, maka akan terbentuk antibodi dalam dirinya.

Yang paling penting setelah ini adalah selalu ingat untuk menjaga kebersihan tubuh, terutama saat pulang kerja, wajib banget cuci tangan dan membersihkan diri dengan bersih sebelum dekat-dekat anak.

Sehat-sehat ya Nak, hati hancur kalau lihat anak sakit :)

No comments: