January 9, 2011

Kutipan Novel: Galaksi Kinanthi

Galaksi Kinanthi adalah sebuah novel yang sangat indah ditulis oleh Tasaro GK dengan tema cinta dan spiritual yang mengambil potret perjalanan hidup seorang wanita bernama Kinanthi dari kampung kelahirannya di Gunung Kidul hingga menjadi penulis kaliber dunia di New York. Kisah ini membuat kita berpikir bahwa Romeo dan Juliet hidup kembali dalam spirit yang lebih agung dengan dilema orang tua, kemiskinan, nasib buruk, dan jalur takdir yang membentengi bersatunya dua hati antara Ajuj dan Kinanthi. Novel yang luar biasa! :) Dan berikut adalah beberapa prosa yang sangat manis dan membekas untuk saya setelah membaca novel ini:


Begini cara kerja sesuatu yang engkau sebut cinta;
Engkau bertemu seseorang lalu perlahan-lahan merasa nyaman berada di sekitarnya. Jika dia dekat, engkau akan merasa utuh dan terbelah ketika dia menjauh. Keindahan adalah ketika engkau merasa ia memerhatikanmu tanpa engkau tahu. Sewaktu kemenyerahan itu meringkusmu, mendengar namanya disebut pun menggigilkan akalmu. Engkau mulai menangis tanpa mau disebut gila.

Berhati-hatilah.
Kelak, hidup adalah ketika engkau menjalani hari-hari dengan optimisme. Melakukan hal-hal hebat. Menikmati kebersamaan dengan orang-orang baru. Tergelak dan gembira, membuat semua orang berpikir hidupmu telah sempurna.


Sementara, pada jeda yang engkau buat bisu, sewaktu langit meriah oleh benda-benda yang berpijar, ketika sebuah lagu menyeretmu ke masa lalu, wajahnya memenuhi setiap sudutmu. Bahkan, langit membentuk auranya. Udara bergerak mendesaukan suaranya. Bulan melengkungkan senyumnya. Bersiaplah... Engkau akan mulai merengek kepada Tuhan. Meminta sesuatu yang mungkin itu telah haram bagimu.

***

Kelak, akan kuberi tahu engkau jika sudah ada sesuatu yang pasti. Atau, jika pada suatu pagi gerimis, bau tanah basah mengurai penciumanmu dengan romantisme dan engkau bertemu dengan keduanya di suatu tempat, tolong kabari aku segera. Aku sungguh ingin tahu.


"Kinanthi, bagiku Galaksi Cinta tidak akan pernah tiada. Ketika malam tak terlalu purnama, lalu kausaksikan bintang-bintang membentuk rasi menurut keinginanNya, cari aku di Galaksi Cinta. Aku akan tetap ada di sana.

Tersenyumlah, Allah mencintaimu lebih dari yang kamu perlu"

6 comments:

Fairysha said...

hmm,,,
saia akan cari novelnya,,,^^

makasih atas infonya sis,,, :)

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
creamy_cha said...

@fairisha: hu'um, novelnya bagus :)

Aya Dinata C said...
This comment has been removed by the author.
Distatiani S said...

ini lanjutan dari nkinanthi (terlahir kembali) ya???

@chabadres said...

Ternyata buku kinanthi (terlahir kembali) merupakan terbitan ulang dari Galaksi Kinanthi dengan beberapa penambahan cerita di sana sini oleh Tasaro GK. Jadi bukan kelanjutannya, cuma penerbitnya yang beda :(