November 29, 2010

Kutipan Novel: The Alchemist

Berikut adalah beberapa nasihat indah dari buku The Alchemist karya Paulo Coelho yang saya kutip karena sarat dengan pembelajaran tentang takdir, kebahagiaan, cinta, dan pemahaman atas suara hati. Sebuah kisah sederhana yang indah dan menjadi inspirasi bagi banyak orang ^^





TENTANG TAKDIR

Apakah gerangan dusta terbesar itu?
Beginilah dusta terbesar itu: bahwa pada satu titik dalam hidup kita, kita kehilangan kendali atas apa yang terjadi pada kita, dan hidup kita jadi dikendalikan oleh nasib. Demikianlah dusta terbesar itu.

Takdir adalah apa yang selalu ingin kaucapai. Semua orang, ketika masih muda, tahu takdir mereka.

Dan saat engkau menginginkan sesuatu, seluruh jagat raya bersatu padu untuk membantumu meraihnya.

Memang begitulah selalu. Itu namanya hukum keberuntungan. Orang yang baru pertama kali main kartu hampir selalu menang. Keberuntungan pemula.
Kenapa begitu?
Sebab ada daya yang menghendaki engkau mewujudkan takdirmu; kau dibiarkan mencicipi sukses, untuk menambah semangatmu.

***

TENTANG KEBAHAGIAAN

Rahasia kebahagiaan adalah dengan menikmati segala hal menakjubkan di dunia ini, tanpa pernah melupakan tetes-tetes air di sendokmu.

Hari ini aku belajar memahami sesuatu yang dulu tidak kusadari: setiap berkah yang tidak kita hiraukan, berubah menjadi kutukan.

Kita takut kehilangan apa yang kita miliki, entah itu hidup kita, harta benda kita, ataupun tanah kita. Tapi rasa takut ini menguap begitu kita memahami bahwa kisah-kisah hidup kita dan sejarah ini ditulis oleh tangan yang sama.

Dan kalau kau tak bisa mundur lagi, kau hanya perlu memikirkan cara terbaik untuk maju terus. Selebihnya terserah pada Allah, termasuk bahaya yang mungkin mengintai.

Sebab aku tidak hidup di masa lalu ataupun di masa depan. Aku hanya tertarik pada saat ini. Berbahagialah orang yang bisa berkosentrasi hanya untuk saat ini.

***

TENTANG CINTA

Kau harus mengerti, cinta tak pernah menghalangi orang mengejar takdirnya. Kalau dia melepaskan impiannya, itu karena cintanya bukan cinta sejati… bukan cinta yang berbicara Bahasa Dunia.

Jangan katakan apa pun. Orang dicintai karena dia memang dicintai. Tak perlu ada alasan untuk mencintai.

“Apakah cinta?” tanya padang pasir.
“Cinta adalah burung elang yang terbang melintasi pasirmu. Sebab bagi burung itu, engkau padang rumput tempat dia mencari makan. Dia mengenal batu-batu karangmu, bukit-bukit pasirmu, dan gunung-gunungmu. Dan engkau selalu murah hati kepadanya”.

Inilah yang namanya cinta. Kalau kau dicintai, kau jadi bisa menciptakan apa pun. Kalau kau dicintai, kau tidak perlu memahami apa yang terjadi, sebab segala sesuatu terjadi di dalam dirimu, dan bahkan manusia pun bisa mengubah dirinya menjadi angin. Asalkan angin membantunya tentu.

Sebab bukan cinta namanya kalau hanya berdiam diri saja seperti padang pasir, atau menjelajahi dunia seperti angin. Bukan pula cinta namanya kalau hanya memandang segala sesuatu dari kejauhan, seperti yang kau lakukan.

***

TENTANG SUARA HATI

Pengkhianatan adalah pukulan tak terduga-duga. Kalau kau mengenal hatimu dengan baik, dia tak akan pernah mengkhianatimu. Sebab kau tahu pasti mimpi-mimpi dan keinginan-keinginannya, dan kau akan tahu juga cara menyikapinya.

Katakan pada hatimu, rasa takut akan penderitaan justru lebih menyiksa daripada penderitaan itu sendiri. Dan tak ada hati yang menderita saat mengejar impian-impiannya, sebab setiap detik pencarian itu bisa diibaratkan pertemuan kembali dengan Tuhan dan keabadian.

Mengapa kita harus mendengarkan suara hati kita?
Sebab, di mana hatimu berada, di situlah hartamu berada.

***

3 comments:

berseruwdya!! said...

hi..aku mau tanya dong..
kata2 yang kamu post ini, apa semuanya ada di dalam novel yang kamu sebut????

bagus ya ceritanya..
thanks

creamy_cha said...

iyaa, stlh baca novel biasanya aku tandain kalimat2 bijaknya :)

semua kalimat yang aku pilih ini memang ada di novelnya namun urutannya mmg tersebar :) jd aku grouping aja

iyaa ceritanya bagus ^^

wening said...

great! pernah bikin resensi buku ini tapi ga selengkap mbak icha ;)

ditunggu postingan ttg kantor barunya ya , mbak icha :)
have a nice day